Kenali Gejala, Penyebab, dan Cara menangani Kanker Serviks

kanker serviks, adalah kanker yang menyerang ke organ kewanitaan. Kanker ini sungguh membahayakan wanita, karena akan terus menggerogoti daya tahan wanita. Tiak hanya itu, jika kanker sudah masuk ke stadium akhir dapat menyebabkan kematian. Hingga saat ini penyakit kanker masih belum ditemukan obat yang cocok. Dalam tiap tahunnya jumlah kanker serviks semakin bertambah. Maka dari itu, untuk wanita sebaiknya waspada dengan penyakit satu ini.Beberapa Jenis Buah yang Bermanfaat untuk Tubuh agar tidak terkena penyakit.

Beberapa Faktor Penyebab Kanker Serviks

  • Melakukan hubungan badan dengan banyak orang

Ini merupakan hal yang banyak dilakukan, jika kita terlalu sering melakukan hubungan badan dengan banyak orang dan berganti-ganti. Maka dengan mudah kanker serviks ini akan menyerang kita. Ada yang mengatakan adanya kanker serviks ini pada wanita adalah agar wanita tidak sembarangan dengan melakukan seks dengan beberapa orang.

  • Merokok

Selain dapat merusak organ dalam seperti jantung dan paru-paru. Merokok juga dapat mengganggu kondisi rahim kita. Karena zat nikotin ini tidak baik untuk kesehatan rahim. Utamanya jika wanita itu sedang mengalami hamil, maka akan sangat dilarang untuk merokok karena akan memicu pertumbuhan kanker dengan cepat.

  • Mengonsumsi alcohol

Sudah banyak yang menjelaskan jika alcohol  tidak baik untuk dikonsumsi. Untuk wanita yang banyak mengonsumsi alcohol, akan mudah terkena berbagai jenis penyakit salah satunya kanker serviks.

  • Banyak memiliki anak

Memiliki banyak anak memang senang, namun jika kita terlalu banyak anak yang melebihi batas dapat memicu kanker serviks. Karena hormon yang digunakan terlalu banyak dan dapat membuat daya tahan menjadi lemah. Sehingga kanker menyerang serviks dan hal ini sangat disayangkan.

  • Banyak menggunakan obat KB

Obat KB memang sangat dibutuhkan sekali untuk mengatur jumlah keturunan kita. Namun, terlalu banyaknya memakan pil KB akan menyebabkan rahim kita dalam keadaan kering dan dapat membuat hormon tubuh kita menjadi berkurang dan dapat mengurangi daya tahan tubuh kita.

  • Memiliki kekebalan tubuh yang lemah

Kekebalan tubuh adalah hal penting untuk menunjang kita dalam melakukan kegiatan. Jika kita memiliki kekebalan tubuh yang lemah akan gampang terserang penyakit. Daya tahan dalam setiap manusia berbeda-beda, tergantung cuaca, dan bahkan bawaan dari lahir.

Banyaknya gejala yang dapat menyebabkan kanker ini, sebaiknya kita perlu menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan kita terkena kanker serviks. Kanker serviks ini terjadi beberapa tahap, selain itu, kanker serviks ini terdapat beberapa gejala awal yang jika dibiarkan terus menerus maka akan menyebabkan ke hal yang lebih parah sampai ke stadium akhir yang dapat mengakibatkan kematian.

Beberapa Gejala Kanker Serviks

  • Kanker serviks stadium awal

Kanker stadium awal ini belum begitu Nampak ciri dan tandanya. Untuk mengetahui tanda awal jika kita terkena kanker adalah dengan melakukan pap smear. Setelah kita melakukannya kita baru bias mengetahui jika kita terkena kanker serviks. Pap smear ini berbeda dengan cara pengecekan kanker yang lain. Pap smear menggunakan alat khusus yang memang didesain untuk mengecek adanya kanker serviks.

Namun, ada juga tanda-tanda yang mungkin simple tapi ternyata itu tanda kita terkena kanker serviks stadium awal seperti, pendarahan yang tidak teratur melewati vagina, keputihan berair yang campur dengan darah, dan nyeri panggul dan atau saat kita melakukan hubungan intim dengan pasangan.

  • Kanker stadium dua

Kanker ini jika dilihat sudah mulai Nampak, karena ukuran kankernya sudah mulai membesar dan bahkan bisa menyerang bagian rahim. Jika dilihat sudah mulai ada perbedaan antara yang stadium awal dengan yang stadium dua ini. Sakit yang di timbulkan setelah hubungan intim lebih sakit dan bahkan melai adanya pendarahan setelah melakukan hubungan badan. Tidak hanya itu, keputihan yang cair akan terjadi dalam tiap hari. Jika suah dalam stadium ini, kalian harus segera melakukan terapi.

  • Kanker stadium tiga

Kanker stadium ini lebih berbahaya, karena kanker stadium ini akan menyerang kelenjar getah bening. Tidak hanya itu, bagian panggul juga lebih parah, dan kita sudah sulit untuk melakukan kerjaan yang berat. Pendarahan yang terjadi semakin parah dan lebih banyak dari yang sebelumnya. Terapi pada stadium ini suah sangat banyak dilakukan. Dan kita harus sering konsultasikan kepada dokter.

  • Kanker stadium empat

Kanker stadium ini sudah merupakan puncak dari kanker serviks ini. Penderita sudah sangat sulit untuk melakukan kegiatan seperti biasanya. Berbagai jenis terapi sudah banyak dilakukan dari sebelumnya. Dan di masa ini kebanyakan hidupnya suah tidak lama lagi. Dan bahkan sudah banyak yang meninggal dan Sembilan puluh Sembilan persen sudah tidak dapat disembuhkan.

Lalu, Bagaimana Cara Kita Mencegah Kanker Serviks?

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi atau mencegah kanker serviks ini. Mulai dari cara alami yang bisa kita lakukan sendiri, dan bahkan dengan bantuan dokter. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan sendiri untuk menjaga tubuh kita agar tidak terserang kanker serviks ini. Mulai dari rajin berolahraga, minum air bening yang banyak dalam tiap hari, makan makanan yang banyak mengandung vitamin dan anti oksidan.

Jika kalian ingin dengan bantuan dokter, mungkin ini akan menambah biaya pengeluaran. Kita bisa melakukan pap smear sebelum kita sakit, atau bahkan penggunaan obat yang biasa untuk menambah daya tahan tubuh kita. Mulailah dari diri kita sendiri untuk menjaga tubuh kita agar selalu prima dan sehat. Sekian mengenai kanker serviks, ayo kita kenali, pahami dan segera lakukan check kesehatan untuk mengantisipasi datangnya kanker serviks.